Sabtu, 16 Februari 2019

Seremonial Seameo VCT Batch 2



Tak Henti Belajar
Pertama bertemu langsung dengan para punggawa SEAMEO adalah saat Kongres Bahasa XI di Jakarta. Salah seorang penjaga stand SEAMEO to the point berkata, "Ayo ikut, pak!" saat mengetahui saya belum pernah mengikuti kegiatannya walau sudah sering mendengar nama besarnya. "Oke!" jawab saya berjanji.
Dan, janji itu saya tepati. Tepatnya di VCT Batch 2 tahun 2019 ini. Tidak kurang 3500 guru mendaftar melalui form daring. Sebuah angka yang luar biasa. Melebihi ekspetasi, kata instrukturnya di dalam Vicon. Hingga harus dibagi setidaknya ke dalam 16 zona. Saya kebagian di Indonesia 6, Jawa Tengah basisnya.

Peserta dalam zona dikumpulkan dalam grup WA. Di grup ini, selain ada peserta juga ada instruktur dan Direktur SEAMEO, Pak Gatot Hari Priowirjanto. Para peserta dibagi menjadi sesi-sesi. Dalam sehari ada 10 sesi. Di VCT Indonesia 6 ini, room sudah dibuka sejak pukul 07.30 dan berakhir pukul 22.00.
Beberapa hari saja di dalamnya, saya langsung paham, ini adalah semacam "surga" bagi guru yang mau belajar. Karena setiap hari, dari pagi hingga malam, para guru-guru hebat dan berpengalaman di bidangnya berbagi banyak hal dalam media daring atau vicon.
Dengan menggunakan Sisco Webex, para guru saling mempresentasikan setidaknya 4 hal : Skill IT (How To), Metode Pengajaran, Media Pembelajaran, dan Konsep Pendidikan. Lengkap! Dari beragam perspektif dan level pengajaran (TK-SMA). Diskusi yang berjalan pun konstruktif dan akrab.
Tanpa disadari, fokusnya sekarang tidak lagi mengejar sertifikat VCT, tapi benar-benar mengejar ilmu yang disampaikan oleh sesama guru. Ada Guru Berprestasi Nasional ada Juara Inobel, ada Guru Inovatif, ada jawara OGN, guru penulis, pendekar literasi, dan lain sebagainya, ringan saja membagikan ilmu dan pengalamannya.
Belum lagi pelatihannya usai, saya sudah menghasilkan beberapa karya, TIK dan Non-TIK, terinspirasi dari guru-guru hebat ini. Sebagian sudah pula saya terapkan di kelas. Diantaranya materi dan latihan Matematika daring (yang dapat dilihat di halaman e-learning blog ini). 
Tugas dari instruktur kepada peserta untuk mengerjakan minimal masing-masing 2 kali menjadi presenter, host, dan moderator, menjadi berlalu amat cepat. Bahkan mungkin ada 90-100 kali lebih saya menghadiri vicon baik sebagai petugas maupun sebagai peserta atau partisipan, dari 20 Januari hingga 15 Februari 2019. 

Tiga hari pertama, 16-18 Januari 2019, peserta mendapatkan penjelasan tentang Seameo Virtual Coordinator Training, dari konsep, tujuan, hingga teknis pelaksanaan Berikut ini penjelasan Direktur Seameo tentang VCT :


Dari sini pula, bertambah pengetahuan saya tentang absensi daring. Setidaknya ada 3 cara dalam membuat form absensi daring : Google form, Office form, dan Zoho form.
Untuk mengapresiasi peserta yang telah berhasil menjalankan tugas, Seameo memberikan e-certificate yang dapat di cetak mandiri. Berikut ini sertifikatnya :



Berikut ini rekaman video capture saat menjadi presenter. Video pertama, materinya adalah : "Elemen Tulis, Mudahkan Identifikasi Tulisan". Video Kedua adalah materi kedua, berjudul "Belajar Bersama Alam".


Untuk Flyer dan contoh narasi yang saya buat, sudah saya posting sebelumnya di sini.
Lalu apa tugas Presenter, Host, dan Moderator dan VCT ? Simak penjelasannnya dalam artikel yang telah ditulis oleh instruktur VCT, Pak Krisantus di blognya ini.
Terakhir, terima kasih SEAMEO untuk kesempatan luar biasa ini. Kenapa nggak dari dulu-dulu bergabung ya?..Hehe...
Oya, dahsyat juga, sertifikatnya hanya berlaku 1 tahun, berbeda dg pelatihan yang lainnya. Sehingga untuk mendapatkan perbaruannya, guru harus terus mempraktikkan ilmu yang didapatnya. Keren!
Dan sekarang, Seameo telah membuka pendaftaran VCT Batch 3! Tertarik? Silakan mendaftar di form pendaftarannya. Tenggat waktunya hingga 20 Februari 2019, di sini.

0 komentar:

Posting Komentar