Selasa, 01 Oktober 2019

Dari Bimtek PembaTIK Level 3 Provinsi Jawa Tengah: “Ditunggu, Konten dengan Konteks Kekinian”

Acara Pembukaan PembaTIK Level 3 Jawa Tengah 2019
“Ditunggu, konten dengan konteks kekinian dari guru-guru hebat ini,” kata Kepala LPMP Jawa Tengah, Drs. Harmanto, MM saat membuka Bimbingan Teknis PembaTIK Level 3 (Level Kreasi) provinsi Jawa Tengah, 19 September 2019 lalu.
Acara yang digelar oleh Pustekkom ini, berlangsung selama 3 hari, dari 21 hingga 23 September 2019, di hotel C3 Ungaran. Hadir dalam pembukaan acara selain Kepala LPMP Jawa Tengah adalah Kepala BPTIK Dikbud Bagus Surjanto, dan Kasubdit MM dan Web Pustekkom, Agus Triarso.  Selain itu, hadir pula Duta Rumah Belajar Jawa Tengah 2018 dan 2017, Fakhrudin Sujarwo dan Tukijo.
Agus Triarso, Subdit MM dan Web Pustekkom (foto: Doni)
Sambutan Kepala LPMP Jateng ini diamini oleh Agus Triarso yang mengisi sesi setelahnya. Menurutnya, “If ICT is a king, content is the queen”. Untuk mendukung kekinian itulah, Pustekkom kini tidak lagi menerima media pembalajaran berbasis animasi .swf, melainkan setidaknya html5 atau dalam bentuk video. Sedangkan Kepala BPTIKP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jateng memiliki program Jateng Pintar yang siap berkolaborasi dengan Pustekkom untuk mengisi konten-konten dalam situs Rumah Belajar.

Acara Bimtek PembaTIK Level 3 ini menjaring tiga puluh guru lintas jenjang yang terpilih -menurut narasumber Pustekkom, pak Arif Darmawan- dari ribuan guru yang mendaftar PembaTIK di level 1 se-Jateng. Mereka yang terpilih di Level 3 ini menduduki ranking 30 terbaik dari penugasan di Level 2, yaitu membuat RPP Terintegrasi TIK konten Rumah Belajar, membuat Video Pembelajaran, dan Test Tulis Daring.
Sahabat Rumah Belajar Jateng 2019 (foto: Fakhrudin, edit: Doni)
PembaTIK Level 3 ini bertitik tekan pada Kreasi. Berbeda dengan Level 1 (Literasi TIK) dan Level 2 (Implementasi TIK). Nantinya hanya ada 1 orang terpilih di Level 3 mewakili Jawa Tengah yang disebut dengan Duta Rumah Belajar Jawa Tengah untuk maju ke Level 4 (Level Berbagi) di tingkat nasional. Sisanya yang 29 orang menjadi SRB atau Sahabat Rumah Belajar.
Materi Bimtek difokuskan pada pembuatan Video Pembelajaran yang berkualitas. Nantinya video karya peserta ini akan diunggah menjadi konten sumber belajar di situs  http://belajar.kemdikbud.go.id. Selain dipandu oleh mentor Pustekkom, peserta juga didampingi oleh Duta Rumah Belajar 2018 dan 2017.
Membuat Video dengan Green Screen (foto: Elfin Noor)
Para peserta diminta memilih materi sesuai KD Kurikulum 2013, kemudian membuat outline naskah atau storyline. Secara berkelompok, peserta kemudian melakukan syuting dengan green screen yang telah disediakan. Setelah itu, dengan perangkat lunak pengedit video, peserta menyempurnakan hasil video garapannya dengan memasukkan asset visual dan audio. Waktu yang diberikan setengah hari. Malamnya, peserta mempresentasikan hasil karyanya untuk diberikan saran-saran perbaikan dari mentor dan peserta.
Selepas Bimtek, para SRB diwajibkan untuk menyosialisasikan konten rumah belajar sebagai sumber belajar atau media pembelajaran di sekolah dan komunitas guru. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat flyer dan tulisan menggunakan media sosial untuk membumikan Rumah Belajar di kalangan guru dan siswa.
Video Dokumentasi :

(Lihat liputan media di Jateng Pos pada laman berikut ini)

0 komentar:

Posting Komentar